Implementasi Algoritma Goldbach Kode Dalam Compresi File Teks - Irham Febryo

Hot

Sabtu, 12 Agustus 2017

Implementasi Algoritma Goldbach Kode Dalam Compresi File Teks

1. Latar Belakang

Transmisi data merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di masyarakat, baik menggunakan media kabel maupun nirkabel. Dengan adanya internet, transmisi data yang tadinya hanya dapat dilakukan dalam jarak yang dekat sekarang dapat dilakukan dalam jarak yang sangat jauh. Namun dalam pengiriman file, semakin besar ukuran file yang akan dikirim maka semakin lama proses upload yang dibutuhkan dan semakin lama pula file tersebut terkirim. Salah satu cara untuk mempercepat proses pengiriman file tersebut adalah memperkecil ukuran file dengan melakukan teknik kompresi.
Dalam bidang ilmu komputer teknik kompresi ini digunakan terhadap data digital yang disebut juga kompresi data. Kompresi terhadap data dilakukan untuk mengurangi ukuran data sehingga mempercepat proses pemindahan data dan mengurangi kapasitas memori yang dibutuhkan, di mana data yang dimaksud bisa berupa file teks, gambar, suara, maupun video (Sayood, 2005). Hal yang harus diperhatikan dalam kompresi data adalah time process (waktu yang berjalan pada saat data dikompresi), ratio (ukuran data setelah dikompresi) dan space saving (persentase selisih ukuran data setel ah dikompresi dengan ukuran data sebelum dikompresi).

Ada banyak algoritma yang dikembangkan untuk kompresi data, namun belum ada satupun algoritma yang baik untuk mengkompresi berbagai tipe file karena karakteristik atau struktur file yang berbeda-beda (Cormen, 2009). Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis akan mengimplementasikan algoritma kompresi data, yaitu algoritma Goldbach Code. Algoritma ini bersifat lossless (kompresi data tanpa berkehilangan) dan umumnya digunakan pada file teks.

2. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah :
a. Mengecilkan ukuran file teks melalui proses kompresi.
b. Mengembalikan file teks ke ukuran semula melalui proses dekompresi.
c. Bagaimana algoritma Goldbach Codes dalam kompresi file teks?

3. Batasan Masalah

Agar tulisan ini tidak menyimpang dari ruang lingkup pembahasan diperlukan batasan masalah sebagai berikut:
a. Jenis data yang akan dikompresi adalah karakter ASCII dalam file teks yang memiliki ekstensi *.txt dan *.doc.
b. Algoritma Goldbach Codes yang dibahas adalah G0 Codes.
c. Tidak melakukan kompresi terhadap komponen lain seperti tabel atau gambar yang terdapat di dalam file teks maupun dokumen yang akan dikompresi.
d. Tidak membahas kompleksitas algoritma.
e. Parameter yang digunakan dalam pengukuran kinerja algoritma ini adalah time (waktu kompresi dan waktu dekompresi) dan space (Ratio of Compression (RC), Compression Ratio (CR), Redudancy (Rd), dan Space Saving (SS)).
f. Menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.

4. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
a. Mengetahui algoritma apakah optimal dalam kompresi file teks.
b. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari algoritma Goldbach Codes dalam kompresi file teks.

5. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam kompresi dan dekompresi data dengan melihat hasil algoritma Goldbach Codes serta dapat dijadikan sebagai referensi bagi penulis lain bila ingin melakukan penelitian terkait dengan kompresi data.

6. Metodologi Penelitian

Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah:
a. Studi Literatur
Pada tahap studi literatur dilakukan pengumpulan buku, jurnal, e-book artikel, makalah, maupun situs internet yang membahas algoritma Goldbach Codes untuk dipelajari lebih lanjut.
b. Analisis dan Perancangan Sistem
Pada tahap analisis dan perancangan sistem akan dilaksanakan perancangan flowchart, antar muka, UML dan perancangan sistem analisis kompresi menggunakan algoritma Goldbach Codes.
c. Implementasi Sistem
Pada tahap implementasi sistem ini dilakukan implementasi terhadap hasil analisis dan perancangan dengan cara melakukan penulisan program.
d. Pengujian Sistem
Dalam tahap pengujian sistem dilakukan pengujian terhadap sistem yang telah dibangun.
e. Dokumentasi
Dalam tahap dokumentasi dilakukan penyusunan laporan dari hasil analisis dan perancangan sistem dalam format penulisan penelitian.

7. Sistematika Penulisan


Sistematika dalam penulisan skripsi ini disusun menjadi beberapa bab, diantaranya yaitu:

BAB I: PENDAHULUAN
Bab ini berisi mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan & manfaat dari penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II: LANDASAN TEORI
Bab ini berisi mengenai teori-teori yang digunakan untuk mendukung penulisan penelitian, selain itu dalam bab 2 juga dijelaskan mengenai metode yang digunakan dalam penelitian.

BAB III: ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini terdiri dari tahap analisis sistem dan desain/model perancangan dari program yang akan dibuat, dalam hal ini termasuk juga algoritma dari program tersebut.

BAB IV: IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Bab ini berisi mengenai implementasi dan pengujian dari program yang sebelumnya telah dirancang dan dianalisis sistemnya.

BAB V: PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dari hasil penelitian yang telah selesai dilakukan, juga saran atau rekomendasi guna penelitian lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Donasi Klik Iklan