Rancangan Bangun Aplikasi Diagnosa Penyakit Tanaman Kacang Tanah Menggunakan Metode Fuzzy Logic - Irham Febryo

Hot

Senin, 14 Agustus 2017

Rancangan Bangun Aplikasi Diagnosa Penyakit Tanaman Kacang Tanah Menggunakan Metode Fuzzy Logic

1. Latar Belakang

Tanaman kacang tanah (Arachis hypogaeaL.) menjadi sangat penting di Indonesia setelah tanaman jagung dan kedelai. Kebutuhan kacang tanah terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk, peningkatan pendapatan masayakat, dan perkembangan industri makanan yang membutuhkan bahan baku kacang tanah lebih banyak. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Indonesia masih mendatangkan kacang tanah dari luar negeri. Sadar akan permasalah tersebut perlu kiranya peningkatan produksi kacang tanah di Indonesia. Pengetahuan petani tentang penyakit tanaman sangat dibutuhkan agar dapat melakukan strategi pengendalian dengan tepat, sehingga produksi kacang tanah dapat dipertahankan secara optimal. Sistem pakar dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para pakar atau ahli dibidangnya, dengan pengembangan sistem pakar, diharapkan orang biasa pun dapat menyelesaikan masalah yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Solusi penulis adalah dengan membuat sistem pakar ini masyarakat atau petani lebih terbantu dalam hal menetukan penyakit kacang tanah dan penyebab nya,dapat mengkonsultasikan jenis - jenis penyakit yang terdapat pada tanaman kacang tanah.

Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis tertarik untuk memilih judul “Rancangan Bangun Aplikasi Diagnosa Penyakit Tanaman Kacang Tanah Menggunakan Metode Fuzzy Logic”.

2. Rumusan Masalah
 
Adapun permasalahan yang dihadapi dalam perancangan aplikasi diagnosa penyakit tanaman kacang tanah ini adalah :
a. Bagaimana merancang aplikasi diagnosa penyakit tanaman kacang tanah?
b. Bagaimana membuat aplikasi yang dapat membantu masyarakat dalam menentukan penyakit tanaman kacang tanah?

3. Batasan Masalah
 
Dalam perancangan aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit pada tanaman kacang tanah, penulis membatasi masalah sebagai berikut :
a. Perancangan aplikasi diagnosa penyakit tanaman kacang tanah hanya pada bagian jenis penyakit kacang yang sering terserang.
b. Bahasa program yang digunakan dalam perancangan aplikasi sistem pakar menentukan jenis kacang tanah ini adalah VB.Net 2012 dan database My.Sql.

4. Tujuan Penelitian
 
Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam perancangan aplikasi diagnosa penyakit tanaman kacang tanah ini adalah :
a. Merancang aplikasi yang dapat membantu masyarakat dalam menenentukan penyakit tanaman kacang tanah.
b. Menerapkan metode fuzzy tsukamoto pada aplikasi.

5. Manfaat Penelitian
 
Perancangan aplikasi diagnosa penyakit tanaman kacang tanah ini bermanfaat bagi masyarakat luas antara lain mempermudah bagi para petani dalam menentukan tanaman kacang tanah yang cocok di konsumsi manusia tersebut dengan bantuan teknologi komputer.

6. Metodelogi Penelitian
 
a. Metoda Pengumpulan Data
Metoda Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a. Observasi
Pengumpulan data dengan melakukan pengamatan pada banyaknya penyakit yang terdapat pada tanaman kacang tanah di indonesia tersebut.
b. Studi Lapangan
Pengumpulan data dengan melihat banyak nya masyarakat dalam mengolah kacang tanah menjadi bahan pangan kusus di negara indonesia, agar terciptanya aplikasi yang penulis rancang.

7. Sistematika Penulisan

Adapun struktur penulisan pada masing-masing bab dalam laporan skripsi ini adalah sebagai berikut:
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV

PENDAHULUAN
Membahas Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan penelitian, Manfaat Penelitian, Metodelogi Penelitian dan Sistematika Penulisan.

LANDASAN TEORI
Memaparkan teori-teori yang didapat dari sumber-sumber yang relevan untuk digunakan sebagai panduan dalam penelitian serta penyusunan laporan skripsi.

PERANCANGAN SISTEM
Menjelaskan tentang gambaran sistem serta deskripsi dari hasil analisis sistem yang akan dijadikan sebagai petunjuk untuk perancangan sistem selanjutnya.

IMPLEMENTASI SISTEM
BAB V
Bab ini menguraikan langkah-langkah dalam implementasi sistem, disertai dengan komponen-komponen kebutuhan sistem.

PENUTUP
Mengemukakan kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian dan perancangan sistem, serta saran-saran untuk pengembangan selanjutnya, agar dapat dilakukan perbaikan-perbaikan dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Donasi Klik Iklan