Sistem Informasi Attendance Pada PT Delmans Medan Berbasis Web - Irham Febryo

Hot

Rabu, 09 Agustus 2017

Sistem Informasi Attendance Pada PT Delmans Medan Berbasis Web

1. Latar Belakang

Pada era globalisasi seperti sekarang ini telah banyak dilakukan penerapan teknologi informasi di berbagai bidang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja sistem sebelumnya. Semua itu sangat diperlukan dalam mempersiapkan diri menuju perdagangan bebas yang telah dimulai sejak tahun 2003. Dukungan dan peran teknologi informasi sangat diperlukan dalam menghadapi perubahan situasi yang mengarah pada semakin ketatnya persaingan dan peluang bisnis yang ada. Sekarang ini dengan semakin canggihnya teknologi perangkat keras (hardware) seperti memori yang semakin besar, processor yang semakin cepat, dan kapasitas hard disk yang semakin besar serta diikuti dengan perkembangan teknologi perangkat lunak (software) yang semakin beranekaragam seperti aplikasi multimedia dan lain-lain menjadikan informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat terpenuhi.
Namun selain kedua faktor tersebut ada beberapa komponen penting yang harus diperhatikan yaitu perangkat manusia (brainware) dan basis data (database). Penggunaan basis data dimaksudkan sebagai sarana tempat penyimpanan data atau informasi yang terkomputerisasi. Hal ini dapat mengurangi kesalahan-kesalahan operasi yang selama ini masih dilakukan secara manual. Selain itu dengan basis data dapat menampilkan data secara cepat dan akurat.
Oleh karenanya untuk mendukung sistem informasi kepegawaian yang efektif perlu dirancang suatu sistem basis data kepegawaian yang lebih komprehensif sehingga akan memudahkan dalam mengolah data – data yang dibutuhkan sesuai latar belakang inilah makanya penulis mengangkat judul “Sistem Informasi Attendance Pada PT Delmans Medan Berbasis Web“.

2. Identifikasi Masalah

Berikut beberapa identifikasi masalah yang dirangkum dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
a. Masih adanya proses rekrutmen yang menggunakan sistem hubungan keluarga atau rekomendasi dari karyawan lama tanpa memperhatikan kualitas SDM.
b. Masih adanya karyawan yang mempunyai tingkat kedisiplinan dan SDM yang rendah.
c. Penyimpanan data pelamar dan data karyawan pada bagian personalia masih dilakukan secara manual.
d. Pelaksanaan absensi karyawan masih dilakukan secara manual.

3. Rumusan Masalah

Setelah melihat permasalahan yang ada pada PT. DELMANS maka penulis merumuskan masalah yaitu: Bagaimana agar data karyawan, data pelamar dan pelaksanaan absensi karyawan dilakukan secara otomatis sehingga menjadi lebih cepat, mudah dan akurat?

4. Batasan Masalah

Agar pembahasan tidak terlalu meluas maka dibatasi pada:
a. Penyimpanan data pelamar dan data karyawan pada bagian personalia masih dilakukan secara manual, dan
b. Pelaksanaan absensi karyawan masih dilakukan secara manual.
c. Untuk membangun sistem informasi ini menggunakan bahasa pemograman PHP

5. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :
a. Agar proses kerja bagian personalia yang sebagian masih manual dilakukan dengan sistem komputerisasi, sehingga proses kerja bagian personalia tersebut dapat menjadi lebih baik.
b. Merancang sistem basis data untuk mendukung kebutuhan informasi mengenai data pelamar, data karyawan dan absensi.
c. Untuk mengetahui bagaimana sebuah program database dapat membantu penyimpanan dan penyampaian informasi tentang data pelamar dan data karyawan yang dibutuhkan pada bagian personalia dapat tersedia dengan cepat dan akurat.
Adapun manfaat penelitian yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut :
a. Dapat memberikan informasi kepegawaian secara cepat, mudah dan akurat.
b. Membantu serta memudahkan pihak Manajer dalam mengambil keputusan berdasarkan data-data yang akurat. Sehingga pihak Manajer mampu menangani masalah yang terjadi pada perusahaan secara cepat.

6. Metodologi Penelitian

Untuk mendapatkan informasi dan data-data yang diperlukan dalam pengumpulan data menggunakan teknik sebagai berikut:
a. Studi Lapangan
Studi lapangan adalah pengamatan langsung dari suatu kegiatan yang sedang dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan dengan tujuan mencari dan mengumpulkan data yang diperlukan serta mengamati apa yang menjadi titik kelemahan atau kekurangan dari sistem yang sedang berjalan sehingga kita dapat membantu memberikan jalan keluar dalam memperbaiki sistem tersebut.
b. Studi Kepustakaan
Studi kepustakaan adalah segala usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti.
c. Wawancara
Wawancara adalah menanyakan langsung dari beberapa pertanyaan kepada kepala bagian personalia dan staf serta pihak – pihak yang terkait.

7. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan skripsi yang disusun terdiri atas 5 ( lima ) bab, yaitu :

Bab I Pendahuluan
Dalam bab ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah, manfaat dan tujuan, batasan masalah, identifikasi masalah, metodologi penelitian masalah, dan sistematika penulisan.

Bab II Landasan Teori
Dalam bab ini membahas mengenai dasar teori yang digunakan Penulis sebagai referensi untuk mendukung data – data, istilah dan defenisi yang digunakan dalam penulisan skripsi ini.

Bab III Analisis dan Perancangan
Dalam bab ini membahas tentang hasil analisis secara singkat dari perangkat lunak yang sedang berjalan dan untuk mempermudah perancangan perangkat lunak. Dari mulai perancangan struktur menu, perancangan basis data, perancangan input output, sampai dengan implementasinya.

Bab IV Implementasi
Dalam bab ini dijelaskan secara garis besar mengenai implementasi dari perancangan perangkat lunak dan sebagai pembuktian untuk solusi dari rumusan masalah.

Bab V Kesimpulan dan Saran
Dalam bab ini berisi kesimpulan serta saran-saran untuk pengembangan penulisan skripsi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Donasi Klik Iklan