Sistem Informasi Pendataan Pipeline Calon Debitur Pada Segmen Business Banking Di PT Bank Mandiri, Tbk Berbasis Website - Irham Febryo

Hot

Senin, 14 Agustus 2017

Sistem Informasi Pendataan Pipeline Calon Debitur Pada Segmen Business Banking Di PT Bank Mandiri, Tbk Berbasis Website

1. Latar Belakang

Pengertian kredit yang lebih mapan untuk kegiatan perbankan di Indonesia telah dirumuskan dalam Undang – Undang Pokok Perbankan No. 7 Tahun 1992 yang menyatakan bahwa penyediaan uang / tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan / kesepakatan pinjam meminjam antara pihak bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melaksanakan dengan jumlah bunga sebagai imbalan. Dalam praktek sehari – hari pinjaman kredit dinyatakan dalam bentuk perjanjian tertulis baik dibawah tangan maupun secara materiil. Dan sebagai jaminan pengaman, pihak peminjam akan memenuhi kewajiban dan menyerahkan jaminan baik bersifat kebendaan maupun bukan kebendaan. Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini PT. Bank Mandiri sudah memiliki fasiltas teknologi yang berkembang dan terpercaya, terlihat dari banyaknya nasabah berbagai kalangan yang mempercayai PT. Bank Mandiri Tbk sebagai wadah dalam bertransaksi, belum sampai disitu perusahaan ini juga banyak menggunakan fasilitas internet sebagai media marketing maupun pendataan karyawan dan fasilitas nasabah didalamnya yang berjalan dengan baik. Pendataan debitur dikelola dengan baik, mulai dari pencataan calon debitur, sampai dengan calon debitur tersebut menjadi debitur sah PT. Bank Mandiri Tbk, lalu penulis juga membuat portofolio semua debitur dalam naungan Business Banking Area Medan Balaikota, pada proses ini penulis sebagai data supporting sering saja menghadapi kendala pendataan pipeline atau calon debitur, setiap pendataan calon debitur penulis melakukan pengajuan pertanyaan langsung maupun melaului telepon pada setiap RM/ARM (Relationship Manager/Asissten Relationship Manager) mulai dari bidang usaha debitur, jumlah kredit yang diajukan, sampai proses pengerjaan
NAK debitur, semua harus dicatatan, setelah data calon debitur dicatat pada aplikasi Microsoft excel lalu dibuat presentasi pencapain maupun target realisasi dari bulan sebelumnya maupun dari tahun sebelumnya (year on year), penulis memperhatikan proses ini yang memakan waktu lama dan karena permintaan data yang cepat sering sekali tidak akuratnya data antara proyeksi realiasi dan target kredit yang dibuat, sangat lah tidak baik jika ini terus berkepanjangan, lalu jika proses ini dibuat berbasis website memudahkan RM/ARM dalam pendataan pipeline calon debitur dan data proyeksi kredit pun terealisasi dengan baik, dan memudahkan bagian data supporting mengambil data dan menyajikan ke pimpinan. Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk membuat suatu sistem informasi yang berjudul “ Sistem Informasi Pendataan Pipeline Calon Debitur Pada Segmen Business Banking Di PT Bank Mandiri, Tbk Berbasis Website “ agar perusahaan tersebut dapat dimudahkan dalam pengolahan data pipeline calon debitur.

2. Rumusan Masalah

Adapun permasalahan yang dihadapi dalam perancangan aplikasi pendataan calon debitur pada PT. Bank Mandiri Tbk adalah sebagai berikut :
a. Bagaimana merancang aplikasi pendataan calon debitur berbasis website?
b. Bagaimana proses pendataan calon debitur berbasis website tersebut?
c. Bagaimana pembuatan laporan data calon debitur dan laporan pembayaran kewajiban calon debitur?

3. Batasan Masalah

Dalam perancangan aplikasi pendataan claon debitur berbasis website, penulis membatasi masalah sebagai berikut :
a. Perancangan yang dirancang hanya pada pendataan calon debitur dan
debitur yang sudah sah jika sudah melakukan pembayaran kewajibannya.
b. Bahasa program yang digunakan dalam perancangan pendataan calon debitur berbasis website ialah bahasa pemograman PHP, CSS, HTML, Java Script, dan bahasa pemograman basis data MysQl.
c. Pada aplikasi pendataan calon debitur berbasis website hanya dapat di akses oleh pimpinan, admin web, RM/ARM.

4. Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam merancang aplikasi pendataan calon debitur berbasis website ini adalah :
a. Menghasilkan sistem pendataan calon debitur yang efektif khususnya pada PT Bank Mandiri Tbk.
b. Untuk mempermudah RM/ARM mengolah pendataan pipeline calon debitur PT Bank Mandiri Tbk sehingga memberikan proyeksi realisasi kredit ke bulan berikutnya.
c. Memudakan pekerjaan para pegawai dalam pendataan calon debitur baru.
d. Memudahkan bagian data supporting dalam membuat laporan calon debitur, dan debitur yang sudah membayar kewajibannya.

5. Manfaat Penelitian

Merancang aplikasi pendataan calon debitur berbasis website ini bermanfaat bagi penulis dan bisnis banking area medan balaikota antara lain :
a. Menambah pengetahuan penulis dalam merancang aplikasi pendataan calon debitur berbasis website.
b. Memudahkan RM/ARM dalam mendata masing-masing calon debitur dengan cepat dan akuran sehingga berdampak pada kepercayaan masyarakat.
c. Membuat sistem baru pada Business Banking dalam pengolah data calon debitur berbasis website.

6. Metodelogi Penelitian

a. Metoda Pengumpulan Data
Metoda pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Observasi
Pengumpulan data dengan melakukan pertannyan langsung ke RM/ARM terkait calon debitur yang akan dikelola.
2. Studi Pustaka
Pengumpulan data dengan menggunakan atau mengumpulkan sumber-sumber tertulis, dengan cara membaca, mempelajari dan mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan masalah yang sedang dibahas pada pendataan calon debitur guna memperoleh gambaran secara teoritis.

7. Sistematika Penulisan

Adapun struktur penulisan pada masing-masing bab dalam laporan skripsi ini adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
Membahas Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodelogi Penelitian dan Sistematika Penulisan.
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V
LANDASAN TEORI
Memaparkan teori-teori yang didapat dari sumber-sumber yang relevan untuk digunakan sebagai panduan dalam penelitian serta penyusunan laporan skripsi.

PERANCANGAN SISTEM
Menjelaskan tentang gambaran sistem serta deskripsi dari hasil analisis sistem yang akan dijadikan sebagai petunjuk untuk perancangan sistem selanjutnya.

IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini menguraikan langkah-langkah dalam implementasi sistem, disertai dengan komponen-komponen kebutuhan sistem.

PENUTUP

Mengemukakan kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian dan perancangan sistem, serta saran-saran untuk pengembangan selanjutnya, agar dapat dilakukan perbaikan-perbaikan dimasa yang akan datang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Donasi Klik Iklan