Implementasi RFID Dan Tag RFID Sebagai Sistem Keamanan Parkir Otomatis Menggunakan Mikrokontroller ATmega16 - Irham Febryo

Hot

Kamis, 28 September 2017

Implementasi RFID Dan Tag RFID Sebagai Sistem Keamanan Parkir Otomatis Menggunakan Mikrokontroller ATmega16

1. Latar Belakang Masalah

Kehilangan kendaraan merupakan suatu peristiwa yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Saat ini sering terjadi kasus kehilangan kendaraan saat sedang parkir. Kasus tersbut tidak hanya terjadi di tempat-tempat yang sepi, tetapi di tempat umum yang ramai seperti kampus, terminal bahkan di pusat perbelanjaan umum. Hal ini dikarenakan kurangnya tingkat keamanan saat parkir.

Untuk meningkatkan keamanan pada sistem perparkiran telah dilakukan penelitian oleh Muhammad Irmansyah dan Yul Antonisfia (2013). Pada penelitian ini peneliti merancang pintu portal otomatis berbasis teknologi Programmable Logic Device (PLD). Namun pada sistem keamanan ini masih memiliki kelemahan yaitu sistem ini tidak merekam atau mencatat kendaraa yang masuk dan keluar, karena pintu portal tersebut hanya menggunakan photodiode, dimana photodiode ini diimplementasikan sebagai sensor koin saja, sehingga bagi siapa saja yang memeasukkan koin pada portal tersebut maka portal tersebut dapat terbuka tanpa mengetahui apakah benar pengendara tersebut telah mengendarai kendaraan yang dimilikinya. Dan pada tahun 2014 ada juga yang melanjutkan penelitian pada sistem keamanan parkir yang dilakukan oleh Permana Dwi Anggara dan Alexius Endi Budianto dimana mereka telah membangun portal otomatis yang dapat diakses melalui Miscall dan Short Messages Service (SMS) penelitian ini pun memiliki kelemahan yang signifikan seperti lupanya pengendara untuk membawa handphone atau handphone dalam keadaan mati, selain itu pengendara juga harus memiliki saldo atau pulsa agar dapat melakukan panggilan atau mengirimkan SMS ke portal.

Berdasarkan dari kedua penelitian sebelumnya masih terdapat banyak kekurangan dalam hal keamanan maupun kenyamanan. Oleh karena itu penulis melanjutkan penelitian pada sistem keamanan pada portal perparkiran dengan menggunakan RFID.
Alasan tersebut menjadi gagasan bagi penulis untuk menuangkannya ke dalam skripsi ini dan mengambil judul : “Implementasi RFID Dan Tag RFID Sebagai Sistem Keamanan Parkir Otomatis Menggunakan Mikrokontroller ATmega16”.

2. Perumusan Masalah

Dari uraian yang telah dijelaskan, masalah yang dapat dikaji pada penelitian ini adalah sebagai berikut: bagaimana mengimplementasikan aplikasi sistem keamanan parkir dengan menggunakan RFID dan Tag RFID sebagai kartu identitas pengguna parkir?

3. Batasan Masalah

Agar pembahasan dari penelitian ini lebih terarah dan tidak menyimpang, maka penulis membatasi masalah penelitian ini pada hal-hal berikut:
a. Sistem dengan peripheral berupa RFID receiver (reader) dan RFID transponder (RFID tag) sebagai kartu berlangganan parkir untuk input masuk ke dalam parkiran.
b. Pada simulasi ini Kartu Tanda Mahasiswa yang digunakan hanya 5 buah.
c. Simulasi ini hanya menggunakan timer untuk menutup palang dan tidak di lengkapi oleh sensor
d. Pemrograman mikrokontroller AVR Atmega16 menggunakan bahasa pemrograman CodeVision AVR.

4. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah:
a. Mempermudah dalam pengontrolan kendaraan saat akan keluar dan masuk area parkir.
b. Mengganti proses sistem parkir manual, yaitu berupa penulisan nomor plat kendaraan atau pengecekan STNK menjadi proses sistem parkir yang terkomputerisasi.

5. Manfaat

Setiap hasil penelitian pada prinsipnya harus bermanfaat bagi semua pihak. Manfaat yang didapatkan setelah melakukan penulisan skripsi ini adalah:
a. Adanya alat yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pemilik kendaraan sehingga dapat mengurangi tingkat pencurian kendaraan saat parkir.
b. Memberikan informasi tentang kegunaan sistem parkir terkomputerisasi, yang mana manfaatnya untuk mempermudah kinerja petugas parkir dan memberikan keamanan serta kenyamanan kepada setiap pengguna parkir.
c. Menambah wawasan penulis khususnya dalam perancangan alat yang menggunakan mikrokontroler sebagai alat yang multi fungsi.

6. Metode Penelitian

Metodologi yang dikerjakan dalam melakukan kajian pada waktu penulisan Skripsi adalah :
a. Study literatur dengan cara membaca buku-buku referensi yang berkaitan dengan Skripsi. Artikel yang diperoleh oleh internet dan alat alat analisis maupun keterangan lain yang dapat menunjang dalam pelaksanaan penelitian
b. Wawancara untuk mengambil penjelasan secara mendetail tentang sistem yang akan dibuat.
c. Penelitian ke lapangan dengan cara mengambil data-data yang diperlukan.
d. Perancangan sistem keamanan dengan cara melakukan pendekatan-pendekatan tertentu untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Penulis juga melakukan percobaan dan menganalisanya dengan membuat rancang bangun alat ukur yaitu terdiri dari perancangan alat, karakteristik sensor, spesifikasi komponen, realisasi dan pengujian alat. Alat yang telah dirancang kemudian digunakan untuk merancang sistem keamanan parkir kendaraan.

7. Sistematika Penulisan

Sistematika penyusunan Skripsi ini dibagi menjadi lima bab, sesuai dengan sistematika/ketentuan dalam pembuatan Skripsi, adapun pembagian bab-bab tersebut adalah:

BAB I PENDAHULUAN
Menguraikan tentang latar belakang permasalahan dengan mencoba merumuskan inti permasalahan, menentukan tujuan serta manfaat dari penelitian dibuat yang kemudian diikuti dengan pembatasan masalah
serta sistematikan penulisan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Pada bab kedua berisi teori penunjang yang menguraikan tentang teori–teori yang mendukung dari bagian-bagian perangkat atau alat yang dibuat, antara lain teori tentang format sms, mikrokontroler ATMEGA16, komunikasi serial dan lainnya.

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN
Pada bab ketiga diuraikan mengenai perancangan sistem yang terdiri atas penjelasan diagram blok sistem yang dirancang, penjelasan dari masing masing rangkaian yang dibuat, penjelasan dari alur kerja program pada mikrokontroller (diagram alir program).

BAB IV HASIL DAN UJI COBA
Bab ini berisi pengujian dan analisa dari sistem yang dibuat, data data dari hasil ujicoba sistem, dan gambar sistem yang telah dirancang.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran untuk pengembangan aplikasi lebih lanjut dalam upaya memperbaiki kelemahan pada aplikasi guna untuk mendapatkan hasil kinerja aplikasi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Donasi Klik Iklan