Aplikasi Permintaan Alat Tulis Kantor Berbasis Web Di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Belawan - Irham Febryo

Hot

Kamis, 12 Oktober 2017

Aplikasi Permintaan Alat Tulis Kantor Berbasis Web Di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Belawan

1. Latar Belakang

Di zaman era globalisasi saat ini, komputerisasi sistem dalam sebuah perusahaan menjadi hal yang penting, terutama pada perusahaan-perusahaan menengah ke atas yang memiliki sistem yang cukup kompleks. Pengaturan sistem-sistem dalam perusahaan akan menjadi lebih mudah dan cepat dengan sistem komputerisasi, termasuk dalam pengaturan sistem pengadaan alat tulis kantor (ATK). Dalam menjalankan perusahaan, penggunaan alat tulis juga harus dikontrol sehingga tidak menyebabkan pengeluaran perusahaan semakin besar.
Kebutuhan alat tulis kantor yang banyak harus diimbangi dengan penyediaan stok alat tulis kantor yang memadai. Keseimbangan ini mungkin dicapai dengan sistem pemantauan yang jelas pada bagian penyediaan alat tulis kantor. Dalam memantau, dibutuhkan aplikasi yang dapat digunakan oleh pegawai-pegawai di perusahaan yang ingin melakukan permintaan alat tulis kantor. Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh bagian penyedia alat tulis kantor dalam mengatur baik penyediaan alat tulis kantor untuk karyawan yang melakukan permintaan maupun mengontrol jumlah stok alat tulis kantor. Aplikasi seperti inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan menengah ke atas dalam mengatur penyediaan alat tulis kantor dalam jumlah yang sangat banyak.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau dapat disingkat BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu perusahaan yang cukup banyak menggunakan ATK untuk menjalankan operasional perusahaan. BPJS Ketenagakerjaan memiliki 11 kantor wilayah, 121 kantor cabang dan 203 kantor cabang perintis. Karena perusahaan cukup besar, maka penggunaan ATK harus diperhatikan.
Salah satunya cabang Medan Belawan dimana Penata Madya SDM (Sumber Daya Manusia) yang bertanggung jawab atas penggunaan ATK perusahaan. Untuk dapat mengontrol penggunaan ATK, Penata Madya SDM selalu mengecek stok setiap kali ada permintaan ATK dari karyawan dan bolak balik membelinya apabila tiba-tiba ATK tersebut kosong, sehingga menyebabkan terganggunya pekerjaan karyawan yang membutuhkan ATK secara cepat. Dan sulitnya mengontrol pemesanan, pembelian, dan stok barang sehingga tidak efektifnya administrasi ATK karna tidak adanya tanda terima barang.
Oleh karena itu, penulis bermaksud merancang sebuah sistem yang dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan adanya sistem, maka laporan stok dan laporan lainnya dapat di cetak setiap saat sehingga lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk keperluan ATK tersebut.
Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul “Aplikasi Permintaan Alat Tulis Kantor Berbasis Web Di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Belawan“, dimana permintaan alat tulis kantor di BPJS Ketenagakerjaan masih bersifat manual.

2. Perumusan Masalah

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis, ditemukan permasalahan yang dihadapi di BPJS Ketenagakerjaan cabang Medan Belawan yaitu:
1. Bagaimana membuat aplikasi permintaan alat tulis kantor (ATK) berbasis web di BPJS Ketenagakerjaan cabang Medan Belawan.
2. Bagaimana membantu karyawan BPJS Ketenagakerjaan cabang Medan Belawan dalam melakukan permintaan alat tulis kantor dengan cepat dan mudah.
Melihat permasalahan tersebut, maka penulis ingin merancang aplikasi untuk mempermudah dan mempercepat proses kinerja karyawan tersebut.

3. Batasan Masalah

Batasan masalah dari penelitian ini adalah :
1. Input dalam sistem ini berupa ATK yang merupakan perlengkapan kantor yang digunakan sehari-hari untuk operasional perusahaan, hanya mencatat penambahan dan pengurangan data barang, menampilkan stok barang (jumlah ketersediaan barang), harga barang, dan data pemesanan oleh karyawan. Laporan yang dihasilkan adalah laporan stok dan laporan pemesanan. Laporan juga dapat disaring berdasarkan pemilihan bulan.
2. Pemrograman yang akan digunakan menggunakan AppServ dimana merupakan aplikasi yang berfungsi untuk install beberapa program antara lain Apache, PHP, MySQL dalam waktu yang singkat dengan tampilan Macromedia Dreamweaver cc maupun Notepad.

4. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Mengetahui permasalahan yang sering terjadi di BPJS Ketenagakerjaan cabang Medan Belawan khususnya di bidang umum dan SDM dalam mengontrol ATK.
2. Merancang sistem informasi alat tulis kantor, yang dapat memberikan informasi stok, pemesanan, pembelian, mutasi barang, dan penggunaan oleh perusahaan yang lebih akurat dan cepat.

5. Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah :
1. Bagi Penulis
a. Diharapkan akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang persediaan alat tulis kantor berdasarkan rancangan program yang dibuat, sehingga penulis dapat mengetahui bagaimana pelaksanaan dan penerapan dari suatu proses persediaan ATK dan mendapat gambaran yang nyata mengenai keadaan sebenarnya.
2. Bagi Perusahaan
a. Mempermudah perusahaan untuk mengetahui data stok ATK.
b. Mempermudah perusahaan mengolah data ATK dan menghasilkan informasi yang lebih cepat dan akurat.
3. Bagi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
a. Sebagai bahan referensi penelitian pada masa akan datang.

6. Metode Penelitian

Dalam penyusunan skripsi dan pengembangan aplikasi ini akan digunakan metodologi sebagai berikut :
1. Metode Pengumpulan Data a. Studi Pustaka Metode pengumpulan data dengan mencari data dan mempelajari banyak data dari berbagai sumber buku, modul, artikel baik perpustakaan maupun internet yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. b. Wawancara (Interview) Penulis melakukan wawancara secara langsung dengan petugas yang berhubungan langsung, untuk memperoleh data-data yang akurat demi terbentuk sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna.
c. Observasi Melakukan pengamatan secara langsung untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai sistem yang sedang berjalan.
2. Metode Pemodelan Sistem
Metode pemodelan sistem yang digunakan oleh penulisan dalam sebagai berikut:
a. Pembuatan Unified Model Language (UML), seperti context diagram, Data Flow Diagram (DFD), Relasi Tabel, Entity Relationship Diagram (ERD), dan Flowchart.
b. Pembuatan Perancangan Basis Data, seperti Apache, PHP, MySQL, dan Macromedia Dreamweaver cc.

7. Sistematika Penulisan

Sistematika penelitian dalam penyusunan laporan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN
Merupakan bab pendahuluan yang menguraikan latar belakang penulisan skripsi “Aplikasi Permintaan Alat Tulis Kantor Berbasis Web Di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Belawan, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian serta sistematika penelitian.

BAB II : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai teori-teori umum atau dasar dan teori-teori khusus yang digunakan dalam penulisan skripsi ini sesuai dengan topik seperti pengertian aplikasi, sistem, informasi, sistem informasi, web, www, internet, database, PHP dan MySQL, Macromedia Dreamweaver cc, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Flowchart, danalat tulis kantor.

BAB III : ANALISA MASALAH DAN RANCANGAN PROGRAM
Bab ini akan membahas tentang analisa sistem yang sedang berjalan, analisis sistem yang diusulkan, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Relasi Tabel, Flowchart, perancangan sistem, dan rancangan sistem yang akan di gunakan untuk pembuatan aplikasi tersebut.

BAB IV : IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Bab ini merupakan bab yang membahas hasil penelitian yaituaplikasi alat tulis kantor dan pembahasan mengenai aplikasi setiap form danfungsinya, beserta kelebihan dan kekurangan sistem usulan.

BAB V : PENUTUP
Pada bagian terakhir ini, berisikan beberapa kesimpulan dan saran untuk pengembangan sistem ke depannya.
Link Download:
Bab II - Bab III - Bab IV - Bab V 
Untuk partisipasinya harap klik salah satu link di bawah ini ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Donasi Klik Iklan