Perancangan Sistem Informasi Akademik SMA Negeri 1 Buntu Pane Berbasis WEB - Irham Febryo

Hot

Kamis, 05 Oktober 2017

Perancangan Sistem Informasi Akademik SMA Negeri 1 Buntu Pane Berbasis WEB

1. Latar Belakang

Hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan komputer sebagai alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan kelebihan diantaranya kecepatan, keakuratan, serta keefesienan dalam pengolahan data bila dibandingkan dengan pengolahan data secara manual.
Kemajuan tersebut mendorong munculnya inovasi baru dalam penyajian informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi. Komputer juga telah masuk ke dalam dunia pendidikan untuk memudahkan pengolahan data akademik di sekolah serta meningkatkan pelayanan publik akan penyajian informasi yang cepat dan tepat.

Sistem Informasi Akademik adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan pendataan serta proses pengolahan data yang baik, rapi dan terorganisir dalam suatu lembaga pendidikan. Sistem Informasi Akademik ini ditujukan untuk mempermudah setiap pencarian data dengan cepat.
Saat ini masih banyak sekolah-sekolah khususnya sekolah lanjutan atas masih menggunakan prosedur-prosedur manual dalam pengolahan data akademik yang sangat banyak. Tentunya cara itu sangat tidak efesien mengingat jumlah data yang sangat besar, meskipun bisa pastilah dibutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit.

SMA Negeri 1 Buntu Pane merupakan salah satu instansi pendidikan di kabupaten Asahan yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu baik dalam prestasi maupun pelayanan. Untuk itu SMA Negeri 1 Buntu Pane memerlukan fasilitas yang mendukung guna peningkatan efektifitas kerja akademik yang maksimal. Hingga saat ini SMA Negeri 1 Buntu Pane masih menggunakan cara manual dalam melakukan pengolahan data akademik dimana data akademik yang ada masih dicatat dalam berkas. Penggunaan komputer untuk membantu pengolahan data pun belum dapat dilakukan secara optimal. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kelemahan, yakni pengolahan data yang kurang efektif dan efesien, keterlambatan dalam proses pencarian data, bahkan data yang mempunyai resiko rusak maupun hilang.

Sebuah sekolah yang memiliki banyak siswa, guru dan kegiatan seperti SMA Negeri 1 Buntu Pane seharusnya telah memiliki sistem informasi akademik guna menunjang dan memudahkan sistem pendidikan di sekolah tersebut. Sistem informasi akademik yang belum memadai serta masih menggunakan sistem informasi akademik yang bersifat manual pada SMA Negeri 1 Buntu Pane yang seharusnya dapat di akses dengan cepat oleh semua pihak. Dengan adanya sebuah sistem informasi akademik web ini diharapkan dapat membantu serta menunjang sistem pendidikan khususnya di dalam ruang lingkup SMA Negeri 1 Buntu Pane.
Dari permasalahan yang telah uraikan di atas maka, penulis tertarik untuk membuat Skripsi ini dengan judul: “Perancangan Sistem Informasi Akademik SMA Negeri 1 Buntu Pane Berbasis WEB”.

2. Rumusan Masalah
 
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirummuskan permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini :
a. Sistem yang berjalan saat ini menggunakan buku besar (manual) sebagai media untuk pengolahan data pada SMA Negeri 1 Buntu Pane.
b. Terjadi kesulitan dalam proses pencarian data dan keterlambatan dalam penyusunan laporan pada SMA Negeri 1 Buntu Pane.
c. Bagaimana merancang dan membuat Sistem Informasi Akademik pada SMA Negeri 1 Buntu Pane dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL?

3. Batasan Masalah
 
Agar dapat mencapai sasaran yang diharapkan serta menghindari hal-hal yang menyimpang dari judul dan tujuan maka penulis membuat batasan maslah sebagai berikut :
a. Fokus kajian pada sekolah ini meliputi data guru, data siswa, data nilai, data mata pelajaran, dan data kelas.
b. Sistem ini bisa dikelola oleh admin dan bisa diakses oleh guru, siswa dan orang tua siswa SMA Negeri 1 Buntu Pane.
c. Aplikasi yang digunakan adalah bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL.

4. Tujuan Penelitian
 
Adapun tujuan penelitian pennulis dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
a. Untuk merancang dan membuat sistem informasi pada SMA Negeri 1 Buntu Pane yang manual menjadi terkomputerisasi
b. Untuk mempermudah proses pengolahan data serta meminimalis terjadinya kesalahan yang mungkin terjadi
c. Mempermudah penyampaian informasi sehingga sistem yang baru dapat meningkatkan kinerja sekolah SMA Negeri 1 Buntu Pane

5. Manfaat Penelitian
 
Adapun manfaat yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian antara lain adalah sebagai berikut:
a. Bagi Penulis
Menambah ilmu pengetahuan dalam pembuatan web pada SMA Negeri 1 Buntu Pane dan menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan.
b. Bagi Sekolah SMA Negeri 1 Buntu Pane
Sebagai bahan masukan dalam upaya membangun suatu aplikasi yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam pengolahan, pengontrolan, hingga pelaporan dari data yang diinginkan dan dapat diperoleh secara cepat, tepat dan akurat.
c. Bagi pihak-pihak lain
Sebagai bahan tambahan ilmu pengetahuan dan bahan referensi yang bermanfaat bagi penelitian sejenis sehingga dapat dikembangkan untuk penelitian selanjutnya.

6. Metode Penelitian


Untuk memperoleh data serta keterangan yang diperlukan dalam penulisan Skripsi ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut:
a. Observasi (Observation)
Metode pengamatan secara langsung ini digunakan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian. Metode ini berperan dalam menguji kebenaran terhadap data yang diperoleh dari hasil wawancara sehingga dapat membantu dalam menganalisa sistem yang berjalan.
b. Wawancara (Interview)
Melalui teknik ini penulis memperoleh data tanya jawab dengan pihak-pihak yang bersangkutan pada lingkup sistem ini. Wawancara ini dimaksudkan untuk memperoleh keterangan tentang permasalahan yang dibahas dan mengetahui keluhan dan harapan dengan sistem yang sedang berjalan.
c. Studi Pustaka
Pengumpulan data yang bersumber dari berbagai buku yang menjadi referensi dan pencarian dengan media internet untuk memperoleh data-data tambahan dalam rangka melengkapi penulisan skripsi.
d. Kuesioner
Merupakan suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada.

7. Sistematika Penulisan

Secara garis besar skripsi ini terdiri dari 6 (enam) bab dan beberapa lampiran. Adapun setiap bab terdiri dari sub-sub bab. Sistematika penulisan skripsi ini adalah:

BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode pengumpulan data, waktu dan tempat, sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan pengertian Sistem Informasi, Basis Data, Pengenalan Internet dan teori-teori yang dapat mendukung pembuatan dan penyelesaian Skripsi ini.

BAB III : GAMBARAN UMUM
Bab ini menjelaskan Gambaran Umum tentang tempat penelitian.

BAB IV : ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini menjelaskan secara singkat penganalisaan mengenai sistem yang sudah ada dan analisa masukan dan keluaran yang diperlukan dalam perancangan sistem informasi yang akan dirancang.

BAB V : IMPLEMENTASI
Bab ini menjelaskan sistem yang dibuat meliputi cara untuk menjalankan sistem, rancangan input, rancangan output dan rancangan tampilan website.

BAB VI : PENUTUP
Bab ini menjelaskan kesimpulan dari hasil penelitian dan hasil akhir dari pemecahan masalah serta saran yang dianggap penting untuk diperhatikan atau dijalankan pada masa yang akan datang untuk kesempurnaan hasil penelitian atau pemecahan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Donasi Klik Iklan