Irham Febryo

Hot

Kamis, 05 Oktober 2017

Perancangan Sistem Informasi Akademik SMA Negeri 1 Buntu Pane Berbasis WEB

Oktober 05, 2017 0
1. Latar Belakang

Hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan komputer sebagai alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan kelebihan diantaranya kecepatan, keakuratan, serta keefesienan dalam pengolahan data bila dibandingkan dengan pengolahan data secara manual.
Kemajuan tersebut mendorong munculnya inovasi baru dalam penyajian informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi. Komputer juga telah masuk ke dalam dunia pendidikan untuk memudahkan pengolahan data akademik di sekolah serta meningkatkan pelayanan publik akan penyajian informasi yang cepat dan tepat.

Sistem Informasi Akademik adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan pendataan serta proses pengolahan data yang baik, rapi dan terorganisir dalam suatu lembaga pendidikan. Sistem Informasi Akademik ini ditujukan untuk mempermudah setiap pencarian data dengan cepat.
Saat ini masih banyak sekolah-sekolah khususnya sekolah lanjutan atas masih menggunakan prosedur-prosedur manual dalam pengolahan data akademik yang sangat banyak. Tentunya cara itu sangat tidak efesien mengingat jumlah data yang sangat besar, meskipun bisa pastilah dibutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit.

SMA Negeri 1 Buntu Pane merupakan salah satu instansi pendidikan di kabupaten Asahan yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu baik dalam prestasi maupun pelayanan. Untuk itu SMA Negeri 1 Buntu Pane memerlukan fasilitas yang mendukung guna peningkatan efektifitas kerja akademik yang maksimal. Hingga saat ini SMA Negeri 1 Buntu Pane masih menggunakan cara manual dalam melakukan pengolahan data akademik dimana data akademik yang ada masih dicatat dalam berkas. Penggunaan komputer untuk membantu pengolahan data pun belum dapat dilakukan secara optimal. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kelemahan, yakni pengolahan data yang kurang efektif dan efesien, keterlambatan dalam proses pencarian data, bahkan data yang mempunyai resiko rusak maupun hilang.

Sebuah sekolah yang memiliki banyak siswa, guru dan kegiatan seperti SMA Negeri 1 Buntu Pane seharusnya telah memiliki sistem informasi akademik guna menunjang dan memudahkan sistem pendidikan di sekolah tersebut. Sistem informasi akademik yang belum memadai serta masih menggunakan sistem informasi akademik yang bersifat manual pada SMA Negeri 1 Buntu Pane yang seharusnya dapat di akses dengan cepat oleh semua pihak. Dengan adanya sebuah sistem informasi akademik web ini diharapkan dapat membantu serta menunjang sistem pendidikan khususnya di dalam ruang lingkup SMA Negeri 1 Buntu Pane.
Dari permasalahan yang telah uraikan di atas maka, penulis tertarik untuk membuat Skripsi ini dengan judul: “Perancangan Sistem Informasi Akademik SMA Negeri 1 Buntu Pane Berbasis WEB”.

2. Rumusan Masalah
 
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirummuskan permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini :
a. Sistem yang berjalan saat ini menggunakan buku besar (manual) sebagai media untuk pengolahan data pada SMA Negeri 1 Buntu Pane.
b. Terjadi kesulitan dalam proses pencarian data dan keterlambatan dalam penyusunan laporan pada SMA Negeri 1 Buntu Pane.
c. Bagaimana merancang dan membuat Sistem Informasi Akademik pada SMA Negeri 1 Buntu Pane dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL?

3. Batasan Masalah
 
Agar dapat mencapai sasaran yang diharapkan serta menghindari hal-hal yang menyimpang dari judul dan tujuan maka penulis membuat batasan maslah sebagai berikut :
a. Fokus kajian pada sekolah ini meliputi data guru, data siswa, data nilai, data mata pelajaran, dan data kelas.
b. Sistem ini bisa dikelola oleh admin dan bisa diakses oleh guru, siswa dan orang tua siswa SMA Negeri 1 Buntu Pane.
c. Aplikasi yang digunakan adalah bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL.

4. Tujuan Penelitian
 
Adapun tujuan penelitian pennulis dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
a. Untuk merancang dan membuat sistem informasi pada SMA Negeri 1 Buntu Pane yang manual menjadi terkomputerisasi
b. Untuk mempermudah proses pengolahan data serta meminimalis terjadinya kesalahan yang mungkin terjadi
c. Mempermudah penyampaian informasi sehingga sistem yang baru dapat meningkatkan kinerja sekolah SMA Negeri 1 Buntu Pane

5. Manfaat Penelitian
 
Adapun manfaat yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian antara lain adalah sebagai berikut:
a. Bagi Penulis
Menambah ilmu pengetahuan dalam pembuatan web pada SMA Negeri 1 Buntu Pane dan menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan.
b. Bagi Sekolah SMA Negeri 1 Buntu Pane
Sebagai bahan masukan dalam upaya membangun suatu aplikasi yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam pengolahan, pengontrolan, hingga pelaporan dari data yang diinginkan dan dapat diperoleh secara cepat, tepat dan akurat.
c. Bagi pihak-pihak lain
Sebagai bahan tambahan ilmu pengetahuan dan bahan referensi yang bermanfaat bagi penelitian sejenis sehingga dapat dikembangkan untuk penelitian selanjutnya.

6. Metode Penelitian


Untuk memperoleh data serta keterangan yang diperlukan dalam penulisan Skripsi ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut:
a. Observasi (Observation)
Metode pengamatan secara langsung ini digunakan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian. Metode ini berperan dalam menguji kebenaran terhadap data yang diperoleh dari hasil wawancara sehingga dapat membantu dalam menganalisa sistem yang berjalan.
b. Wawancara (Interview)
Melalui teknik ini penulis memperoleh data tanya jawab dengan pihak-pihak yang bersangkutan pada lingkup sistem ini. Wawancara ini dimaksudkan untuk memperoleh keterangan tentang permasalahan yang dibahas dan mengetahui keluhan dan harapan dengan sistem yang sedang berjalan.
c. Studi Pustaka
Pengumpulan data yang bersumber dari berbagai buku yang menjadi referensi dan pencarian dengan media internet untuk memperoleh data-data tambahan dalam rangka melengkapi penulisan skripsi.
d. Kuesioner
Merupakan suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada.

7. Sistematika Penulisan

Secara garis besar skripsi ini terdiri dari 6 (enam) bab dan beberapa lampiran. Adapun setiap bab terdiri dari sub-sub bab. Sistematika penulisan skripsi ini adalah:

BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode pengumpulan data, waktu dan tempat, sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan pengertian Sistem Informasi, Basis Data, Pengenalan Internet dan teori-teori yang dapat mendukung pembuatan dan penyelesaian Skripsi ini.

BAB III : GAMBARAN UMUM
Bab ini menjelaskan Gambaran Umum tentang tempat penelitian.

BAB IV : ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini menjelaskan secara singkat penganalisaan mengenai sistem yang sudah ada dan analisa masukan dan keluaran yang diperlukan dalam perancangan sistem informasi yang akan dirancang.

BAB V : IMPLEMENTASI
Bab ini menjelaskan sistem yang dibuat meliputi cara untuk menjalankan sistem, rancangan input, rancangan output dan rancangan tampilan website.

BAB VI : PENUTUP
Bab ini menjelaskan kesimpulan dari hasil penelitian dan hasil akhir dari pemecahan masalah serta saran yang dianggap penting untuk diperhatikan atau dijalankan pada masa yang akan datang untuk kesempurnaan hasil penelitian atau pemecahan masalah.

Selengkapnya

Sabtu, 30 September 2017

Implementasi Metode Pada Decision Tree dalam Penentuan Tingkat IQ Anak SD

September 30, 2017 0
1. Latar Belakang

Komputer cerdas semakin berkembang serta makin tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia pada era teknologi informasi sekarang ini. Pengembangan perangkat lunak di bidang kecerdasan buatan terus mengalami perubahan dengan cepat terutama di bidang psikologi, khususnya untuk menentukan tingkat intelectual quotationt (IQ), khususnya anak kelas 4,5,6 Sekolah Dasar (SD) Yayasan Pendidikan Islam Yahdi Medan. Di mana sekolah ini masih menggunakan sistem konvensional dalam melakukan tes IQ kepada siswa-siswinya dengan menggunakan tes tertulis sehingga hasil tes belum bisa digunakan sebagai rujukan sepenuhnya untuk menentukan bakat dan minat para siswa sesuai dengan kemampuannya masing-masing, sehingga dikembangkan suatu sistem terbaru dalam bentuk game IQ sehingga dapat menarik siswa untuk menjawab soal sesuai dengan kemampuannya masing-masing.
Sistem penentuan tingkat IQ dibuat dalam bentuk permainan komputer atau sering disebut dengan game IQ yang digunakan untuk asah otak manusia sekaligus untuk mengukur tingkat intelegensi penggunanya. Game IQ yang dikembangkan merupakan kombinasi angka, huruf dan gambar. Permainan ini selain digunakan sebagai alat bantu asah otak penggunanya, dapat juga digunakan untuk mengukur tingkat intelegensi pengguna yang sering disebut dengan kecerdasan intelektual
(intellectual quotation) dengan menggunakan metode Binet Simon. Metode ini digunakan untuk tes intelegensi seseorang yang digunakan untuk pemeriksaan psikologi dengan alat-alat ukur tertentu dalam bentuk soal-soal tes yang diciptakan oleh pakar psikologi untuk membedakan prilaku seseorang dengan orang lain.
Teknik pencarian yang digunakan dalam game IQ ini adalah teknik heuristic yang digunakan untuk menentukan soal-soal tes IQ untuk anak SD yang akan ditampilkan secara acak sesuai dengan jenis soal yang akan ditampilkan. Teknik heuristic yang diterapkan adalah model decision tree yang merupakan saalah satu metode klasifikasi yang menggunkan representasi suatu struktur pohon yang berisi alternatif-alternatif untuk pemecahan suatu masalah, sehingga proses pencarian dapat dilakukan dengan cepat karena soal tes IQ sudah diklasifikasikan ke dalam bentuk pohon keputusan (decision tree) dan aturan-aturan keputusan (rule) sesuai dengan tingkatan umur penggunanya.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk membuat game IQ dengan judul “Implementasi Metode Pada Decision Tree dalam Penentuan Tingkat IQ Anak SD” sebagai topik penelitian dalam skripsi ini.

2. Rumusan Masalah

Sesuai dengan latar belakang di atas, maka masalah dapat dirumuskan sebagai berikut :

a. Bagaimana proses kerja metode decision tree dalam penentuan IQ anak SD Yayasan Pendidikan Islam Yahdi Medan?
b. Bagaimana merancang dan mengimplementasikan metode decision tree dalam penentuan IQ anak SD Yayasan Pendidikan Islam Yahdi Medan?

3. Batasan Masalah


Pokok pembahasan dalam penelitian ini dibatasi sebagai berikut :
a. Soal Test IQ yang digunakan untuk anak kelas 4, 5, dan 6 SD.
b. Teknik pencarian soal menggunakan teknik heuristic dengan Linear Congruential Generator (LGC).
c. Algoritma decision tree yang digunakan adalah C.45.
d. Metode pengukuran tingkat intelegensi menggunakan metode Binet Simon.
e. Game IQ ditampilkan dalam bentuk gambar dua Dimensi (2D).
f. Soal test pada jenis soal ditampilkan secara acak (random).
g. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Microsoft Visual Basic 2008.
h. Database yang digunakan adalah SQL Server 2005.

4. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Untuk mengetahui proses kerja metode decision tree dalam penentuan IQ anak SD Yayasan Pendidikan Islam Yahdi Medan.
b. Untuk merancang dan mengimplementasikan metode decision tree dalam penentuan IQ anak SD Yayasan Pendidikan Islam Yahdi Medan.

5. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Bagi Peneliti
Menambah wawasan dan pengetahuan peneliti dalam implementasi pembuatan metode decision tree dalam penentuan IQ anak SD.
b. Bagi Pengguna
Membantu pengguna game IQ untuk melakukan asah otak dalam bentuk permainan komputer sekaligus untuk tes IQ untuk mengetahui tingkat intelegensi pengguna.
c. Bagi Sekolah
Membantu guru Bimbingan Konseling (BK) dalam menentukan minat dan bakat siswa-siswa sekolah ini sehingga dapat ditentukan metode pembelajaran yang tepat bagi siswa tersebut serta mengambil solusi penanganan yang tepat jika siswa-siswi terbut bermasalah di sekolah.
d. Bagi Peneliti Berikutnya
Menjadi bahan referensi bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan game IQ menggunakan metode decision tree dalam penentuan IQ anak SD.

6. Metode Penelitian Metode 

penelitian yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode waterfall. Metode waterfall atau sering juga disebut air terjun adalah sebuah metode dalam pengembangan sistem yang dilakukan untuk membuat pembaruan sistem yang berjalan. Metode pengembangan sistem merupakan proses mengembangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lunak dengan menggunakan metode-metode atau model-model yang digunakan orang untuk mengembangkan sitem-sistem perangkat lunak sebelumnya dengan memiliki alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain, pengodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Dan untuk gambarannya dapat di ilustrasikan seperti Gambar 1.
Gambar 1. Metode Waterfall dalam Pengembangan Sistem Sumber : Sommerville dalam Binanto (2014:3)
Keterangan Gambar 1:
a. Requirements analysis and definition
Layanan sistem, kendala, dan tujuan ditetapkan oleh hasil konsultasi dengan pengguna yang kemudian didefinisikan secara rinci dan berfungsi sebagai spesifikasi sistem. Pada tahapan ini dilakukan untuk penentuan tujuan pengembangan sistem serta analisis data yang dibutuhkan seperti soal-soal tes IQ untuk anak kelas 4,5,6 SD Yayasan Pendidikan Islam Yahdi Medan.
b. System and software design
Tahapan perancangan sistem mengalokasikan kebutuhan-kebutuhan sistem baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan membentuk arsitektur sistem secara keseluruhan. Perancangan perangkat lunak melibatkan identifikasi dan penggambaran abstraksi sistem dasar perangkat lunak dan hubungannya. Pada tahap ini dilakukan desain sistem yang akan dikembangkan yaitu menggunakan UML (Unified Modeling Language),
c. Implementation and unit testing
Pada tahap ini, perancangan perangkat lunak direalisasikan sebagai serangkaian program atau unit program. Pengujian melibatkan verifikasi bahwa setiap unit memenuhi spesifikasinya. Pada tahap ini dilakukan implementasi sistem yang akan dibuat serta uji coba untuk mengetahui sistem sudah berjalan sesuai dengan tujuan pengembangan sistem yang dikembangkan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 2008 dan SQL Server 2005.
d. Integration and system testing
Unit-unit individu program atau program digabung dan diuji sebagai sebuah sistem lengkap untuk memastikan apakah sesuai dengan kebutuhan perangkat lunak atau tidak. Setelah pengujian, perangkat lunak dapat dikirimkan ke customer.
e. Operation and maintenance
Biasanya (walaupun tidak selalu), tahapan ini merupakan tahapan yang paling panjang. Sistem dipasang dan digunakan secara nyata. Maintenance melibatkan pembetulan kesalahan yang tidak ditemukan pada tahapan-tahapan sebelumnya, meningkatkan implementasi dari unit sistem, dan meningkatkan layanan sistem sebagai kebutuhan baru.

7. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan skripsi ini dibagi menjadi 5 (lima) bab dan setiap bab dibagi menjadi sub bab sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan teori–teori yang berhubungan dengan implementasi metode decision tree dalam penentuan IQ anak SD Yayasan Pendidikan Islam Yahdi Medan.

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini berisi tentang analisa sistem penentuan IQ anak SD Yayasan Pendidikan Islam Yahdi Medan menggunakan metode decision tree serta perancangan sistem yang dirancang mencakup rancangan proses, rancangan antarmuka, rancangan database serta algoritma.

BAB IV IMPELEMENTASI SISTEM
Bab ini berisi tentang implementasi sistem penentuan IQ anak SD Yayasan Pendidikan Islam Yahdi Medan menggunakan metode decision tree, mencakup perangkat yang dibutuhkan, pengujian sistem serta evaluasi atas sistem yang digunakan.

BAB V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan yang diambil dari pembahasan masalah serta saran yang dapat dipertimbangkan untuk tindak lanjut terhadap sistem yang dibuat.

Selengkapnya

Kamis, 28 September 2017

Implementasi RFID Dan Tag RFID Sebagai Sistem Keamanan Parkir Otomatis Menggunakan Mikrokontroller ATmega16

September 28, 2017 0
1. Latar Belakang Masalah

Kehilangan kendaraan merupakan suatu peristiwa yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Saat ini sering terjadi kasus kehilangan kendaraan saat sedang parkir. Kasus tersbut tidak hanya terjadi di tempat-tempat yang sepi, tetapi di tempat umum yang ramai seperti kampus, terminal bahkan di pusat perbelanjaan umum. Hal ini dikarenakan kurangnya tingkat keamanan saat parkir.

Untuk meningkatkan keamanan pada sistem perparkiran telah dilakukan penelitian oleh Muhammad Irmansyah dan Yul Antonisfia (2013). Pada penelitian ini peneliti merancang pintu portal otomatis berbasis teknologi Programmable Logic Device (PLD). Namun pada sistem keamanan ini masih memiliki kelemahan yaitu sistem ini tidak merekam atau mencatat kendaraa yang masuk dan keluar, karena pintu portal tersebut hanya menggunakan photodiode, dimana photodiode ini diimplementasikan sebagai sensor koin saja, sehingga bagi siapa saja yang memeasukkan koin pada portal tersebut maka portal tersebut dapat terbuka tanpa mengetahui apakah benar pengendara tersebut telah mengendarai kendaraan yang dimilikinya. Dan pada tahun 2014 ada juga yang melanjutkan penelitian pada sistem keamanan parkir yang dilakukan oleh Permana Dwi Anggara dan Alexius Endi Budianto dimana mereka telah membangun portal otomatis yang dapat diakses melalui Miscall dan Short Messages Service (SMS) penelitian ini pun memiliki kelemahan yang signifikan seperti lupanya pengendara untuk membawa handphone atau handphone dalam keadaan mati, selain itu pengendara juga harus memiliki saldo atau pulsa agar dapat melakukan panggilan atau mengirimkan SMS ke portal.

Berdasarkan dari kedua penelitian sebelumnya masih terdapat banyak kekurangan dalam hal keamanan maupun kenyamanan. Oleh karena itu penulis melanjutkan penelitian pada sistem keamanan pada portal perparkiran dengan menggunakan RFID.
Alasan tersebut menjadi gagasan bagi penulis untuk menuangkannya ke dalam skripsi ini dan mengambil judul : “Implementasi RFID Dan Tag RFID Sebagai Sistem Keamanan Parkir Otomatis Menggunakan Mikrokontroller ATmega16”.

2. Perumusan Masalah

Dari uraian yang telah dijelaskan, masalah yang dapat dikaji pada penelitian ini adalah sebagai berikut: bagaimana mengimplementasikan aplikasi sistem keamanan parkir dengan menggunakan RFID dan Tag RFID sebagai kartu identitas pengguna parkir?

3. Batasan Masalah

Agar pembahasan dari penelitian ini lebih terarah dan tidak menyimpang, maka penulis membatasi masalah penelitian ini pada hal-hal berikut:
a. Sistem dengan peripheral berupa RFID receiver (reader) dan RFID transponder (RFID tag) sebagai kartu berlangganan parkir untuk input masuk ke dalam parkiran.
b. Pada simulasi ini Kartu Tanda Mahasiswa yang digunakan hanya 5 buah.
c. Simulasi ini hanya menggunakan timer untuk menutup palang dan tidak di lengkapi oleh sensor
d. Pemrograman mikrokontroller AVR Atmega16 menggunakan bahasa pemrograman CodeVision AVR.

4. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah:
a. Mempermudah dalam pengontrolan kendaraan saat akan keluar dan masuk area parkir.
b. Mengganti proses sistem parkir manual, yaitu berupa penulisan nomor plat kendaraan atau pengecekan STNK menjadi proses sistem parkir yang terkomputerisasi.

5. Manfaat

Setiap hasil penelitian pada prinsipnya harus bermanfaat bagi semua pihak. Manfaat yang didapatkan setelah melakukan penulisan skripsi ini adalah:
a. Adanya alat yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pemilik kendaraan sehingga dapat mengurangi tingkat pencurian kendaraan saat parkir.
b. Memberikan informasi tentang kegunaan sistem parkir terkomputerisasi, yang mana manfaatnya untuk mempermudah kinerja petugas parkir dan memberikan keamanan serta kenyamanan kepada setiap pengguna parkir.
c. Menambah wawasan penulis khususnya dalam perancangan alat yang menggunakan mikrokontroler sebagai alat yang multi fungsi.

6. Metode Penelitian

Metodologi yang dikerjakan dalam melakukan kajian pada waktu penulisan Skripsi adalah :
a. Study literatur dengan cara membaca buku-buku referensi yang berkaitan dengan Skripsi. Artikel yang diperoleh oleh internet dan alat alat analisis maupun keterangan lain yang dapat menunjang dalam pelaksanaan penelitian
b. Wawancara untuk mengambil penjelasan secara mendetail tentang sistem yang akan dibuat.
c. Penelitian ke lapangan dengan cara mengambil data-data yang diperlukan.
d. Perancangan sistem keamanan dengan cara melakukan pendekatan-pendekatan tertentu untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Penulis juga melakukan percobaan dan menganalisanya dengan membuat rancang bangun alat ukur yaitu terdiri dari perancangan alat, karakteristik sensor, spesifikasi komponen, realisasi dan pengujian alat. Alat yang telah dirancang kemudian digunakan untuk merancang sistem keamanan parkir kendaraan.

7. Sistematika Penulisan

Sistematika penyusunan Skripsi ini dibagi menjadi lima bab, sesuai dengan sistematika/ketentuan dalam pembuatan Skripsi, adapun pembagian bab-bab tersebut adalah:

BAB I PENDAHULUAN
Menguraikan tentang latar belakang permasalahan dengan mencoba merumuskan inti permasalahan, menentukan tujuan serta manfaat dari penelitian dibuat yang kemudian diikuti dengan pembatasan masalah
serta sistematikan penulisan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Pada bab kedua berisi teori penunjang yang menguraikan tentang teori–teori yang mendukung dari bagian-bagian perangkat atau alat yang dibuat, antara lain teori tentang format sms, mikrokontroler ATMEGA16, komunikasi serial dan lainnya.

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN
Pada bab ketiga diuraikan mengenai perancangan sistem yang terdiri atas penjelasan diagram blok sistem yang dirancang, penjelasan dari masing masing rangkaian yang dibuat, penjelasan dari alur kerja program pada mikrokontroller (diagram alir program).

BAB IV HASIL DAN UJI COBA
Bab ini berisi pengujian dan analisa dari sistem yang dibuat, data data dari hasil ujicoba sistem, dan gambar sistem yang telah dirancang.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran untuk pengembangan aplikasi lebih lanjut dalam upaya memperbaiki kelemahan pada aplikasi guna untuk mendapatkan hasil kinerja aplikasi yang lebih baik.

Selengkapnya

Cara mengatasi masalah d3dx9_43.dll yang Error

September 28, 2017 0

Selamat Subuh Semuanya , sebelum post admin Fikri mengucapkan selamat puasa ya , maafin semua kesalahan ane hehe .
Oke sebelum meresahkan warga yang sedang tertidur pulas ane mau nerangin cara mengatasi masalah d3dx9_43.dll yang error / miss. Kalian pasti Bingung dengan masalah d3dx9_43.dll error saat akan bermain Game, sebenarnya ini mudah saja, file ini tinggal dicopy ke Direktori system yaitu  :
C: \ Windows \ System (Windows 95/98/ME),
C: \ WINNT \ System32 (Windows NT/2000), 
C: \ Windows \ System32 (Windows XP, Vista, 7)

Oke sob langsung aja Langkah-langkahnya :
1. Download d3dx9_43.dll di 

    Link 1 (MediaFire)
    LInk 2 (4Shared)
    Atau http://www.dll-files.com/d3dx9_43.zip?0VLfVGVEiX

2. Unzip / Ekstrak File d3dx9_43.zip, lalu  Copy d3dx9_43.dll ke
C: \Windows\System (untuk Windows 95,98/ME)
C: \ WINNT\System32  (untuk Windows NT/200)
C: \ Windows\System32 (untuk Win. XP, Vista, 7)

3. Restart komputer, jika tetap tidak bisa coba bersihkan registry kamu, dalam hal ini yang ane saranin "CCleaner" kalau belum punya, download Disini  

jika masih juga tidak bisa coba

    1. Klik Star --> Run / Tekan tombol Windows + R
    2. Ketik CMD and press Enter (Untuk Windows ME, ketik COMMAND).
    3. Ketik regsvr32 d3dx9_43.dll dan tekan Enter.


Semoga berhasil

Untuk masalah file .dll lainya yang error anda bisa mencarinya disini cara memasukanya sama seperti yang telah saya tulis diatas.
Selengkapnya

Kamis, 17 Agustus 2017

PicSay Pro Photo Editor v1.8.0.5 Apk Terbaru 2017

Agustus 17, 2017 1
Free Download PicSay Pro Photo Editor v1.8.0.5 Apk Terbaru 2017 | Halo sobat irhamfebryo.com, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sebuah aplikasi android yang banyak dicari dan digunakan oleh para pecinta editing foto melalui smartphone android. Aplikasi android yang saya bagikan ini adalah Picsay Pro Apk atau picsay Photo Editor. PicSay Pro merupakan aplikasi android yang digunakan untuk mengedit foto di android. Dengan aplikasi ini, maka anda dapat mengedit foto biasa menjadi sebuah foto yang luar biasa yang bisa sobat lihat di medsos seperti facebook ataupun instagram.

PicSay Photo Editor adalah aplikasi untuk memodifikasi foto dan memberikan banyak efek sehingga menghasilkan tampilan lucu maupun tampilan profesional. Aplikasi ini akan memudahkan Anda melakukan banyak hal seperti memperbaiki mata merah atau memperbaiki warna foto untuk memberikan sentuhan profesional. Anda juga bisa menambahkan banyak gambar kecil atau elemen lucu lain untuk mengubah keaslian foto, menjadikannya foto yang benar-benar baru.

Versi gratis aplikasi ini (yang dapat Anda unduh di sini) memiliki lebih sedikit perlengkapan untuk memodifikasi foto, namun memberikan Anda kemudahan dalam mengubahnya. PicSay Photo Editor benar-benar aplikasi yang sangat bagus untuk memodifikasi foto, bahkan mampu memperbaiki foto yang jelek. Foto yang membosankan pun bisa diubah menjadi foto yang lucu. Jadi dengan aplikasi ini foto-foto apa saja yang jelek/biasa bisa menjadi foto yang keren dan luar biasa. Nah bagi sobat yang tertarik atau suka dengan editing foto silahkan langsung saja sobat Download Picsay Pro Apk ini disini secara gratis.
 
 
Fitur aplikasi Picsay pro photo editor

Fitur fitur yang bisa kalian gunkana dalam aplikasi Picsay pro ini antara lain adalah memasukkan teks dalam gambar , menggabungkan beberapa foto menjadi satu , memanipulasi gambar atau foto, dan masih banyak lainya . untuk lebih lengkapnya lihat detailnya di bawah ini.
  • Insert Picture should no longer return you to the start screen
  • Set Default Export Format by tapping jpg or png extension
  • Apply effects like Cross process
  • Make color splash out of black and white pictures
  • Remove red eye
  • Apply effects like Cross process
  • Vignette
  • Add text
  • Insert cutouts of other pictures
  • Word balloons
  • Faux HDR
  • Crop and straight
  • Sharpen
  • Color numbers are back and added the ability to save up to 14 custom colors
  • Pencil sketch dan masih banyak yang lainya.

Cara Instal :
  1. Download Picsay Pro Apk terbaru nya
  2. Masuk ke Setting / Security / Centang Unknown Source
  3. Instal File apk nya sampai selesai
  4. Jalankan Aplikasi nya


 
Selengkapnya

UltraISO Full Version v9.7.0 Terbaru

Agustus 17, 2017 0
Download UltraISO Full Version Terbaru Gratis - Ada banyak aplikasi sejenis yang bisa kita gunakan. Banyak fungsinya lho yang bisa kita jalankan. Mulai dari mengextract file ISO. Menginstal file ISO, membuat bootable usb flashdisk windows. Sampai dengan beberapa hal yang memang umum digunakan. Tuh lihat fitur-fitur lengkapnya dari aplikasi ultraiso full crack ini. Keren banget dah untuk kita coba. Harus download dan coba jalankan ya. Sama koq seperti rufus, yumi dan power iso seperti win to flash gitu.

Free Download UltraISO Pro Latest Update - Saya sendiri awalnya penasaran dengan aplikasi ini, bagaimana cara menggunakan nya. Ternyata cukup mudah koq. Hanya bermasterkan file 4mb. Temen-temen sudah akan banyak mendapatkan master yang hebat banget. Pokoknya software ultra iso serial number and patch ini bisa digunakan dimana saja. Windows 7, win 8 dan win 10 sudah diujicoba dan berjalan dengan baik. So, jangan ragu untuk mencobanya juga ya. Saya jamin pasti puas dan gak nyesel menggunakan ultra iso with activation code and key ini ya. Selamat mencoba.
 
 
Fitur-fitur Terbaru UltraISO Profesional :
  • Duplicate disc to ISO file from CD-ROM.
  • Build file on hard disk, CD-ROM, net drive to one ISO file.
  • Extract files from ISO file.
  • Edit ISO file in many format (such as Nero burning ROM, Easy CD Creator, CDRWin, CloneCD, BlindWrite, etc.).
  • Make bootable ISO file.
  • Create/Edit Audio CD image.
Link Download :

 
Selengkapnya

Senin, 14 Agustus 2017

Aplikasi Administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar Untuk Sekolah

Agustus 14, 2017 0

Aplikasi Pengelolaan Surat ini dikhususkan untuk memudahkan dlm proses pencatatan data surat masuk maupun data surat keluar. Aplikasi ini dpt dimanfaatkan dalam pengelilaan data surat di sekolah. Menu yg dtersaji didalam aplikasi sangat simple dan mudah untuk digunakan, maupun dengan fitur yg sangat lengkap untuk memfasilitasi proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar
Beberapa form yang terdapat dialam aplikasi pengelolaan surat ini diantaranya meliputi :

1. Data Surat dalam Jenis Surat
2. Nomor Surat
3. Si Pengirim dalam alamat
4. Tanggal surat masuk dan Surat Keluar
5. Serta Keterangan yang sangat mungkin untuk digunakan.

 


Diharapkan Aplikasi Administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar ini dapat membantu dalam proses pencatatan dan pengelolaan surat di Sekolah Bapak/Ibu sekalian. Silahkan diunduh dan dibagikan, salam pendidikan.
 
Selengkapnya

Post Top Ad

Donasi Klik Iklan